Ini Taktik Renesola di 2019 untuk Perkuat Tempat di Pasar Lampu

Marketing – Kerjasama bisa jadi taktik tepat untuk memenang pertarungan usaha yang makin ketat. Perihal ini juga yang dikerjakan Renesola Indonesia untuk menguatkan tempat dalam pasar lampu serta penambahan kapasitas perusahaan.

RenesolaDi tahun 2019 ini, Renesola mengincar perkembangan sebesar 200%, naik dari penjualan 2018 yang sampai 3,6 juta unit. Pemain lampu multinasional asal China itu pun manargetkan bisa kuasai 5% market share lampu light emitting diode (LED) di Tanah Air.

“ Tahun 2018 lantas, perebutan pasar Renesola sekitar 3% dari keseluruhan penjualan lampu LED di Indonesia yang terdaftar 120 juta unit. Angkanya diinginkan bertumbuh sampai 5% di tahun 2019 ini,” kata Noor Miftah Bakry, Country Director Renesola Indonesia.

Strategi Renesola di 2019


Untuk sampai tujuan itu, Renesola mempersiapkan beberapa taktik, yaitu kerjasama, akuisisi, serta ekspansi. Untuk kerjasama Renesola Indonesia menggandeng PT Piksel Perdana Jaya (Piksel), yang ditunjuk oleh TP Vision menjadi sole agent LED TV Philips di Indonesia. Dalam implementasinya, kerjasama ini akan memberi penambahan keuntungan dengan share network pada Renesola dengan Piksel sebagai distributor beberapa produk elektronik serta small appliance merk terkenal di Indonesia.

“Kami akan sama-sama bertukar info mengenai tersedianya produk semasing di pasar serta lakukan joint promotion dengan pembiayaan bersama dengan sqecara seimbang,” jelas Miftah. Diluar itu, salah satunya langkah kongkret dalam kerjasama ini, Renesola akan mempersiapkan produk spesial dengan dua tehnologi baru yang bisa menjadi favorit untuk di pasarkan di jaringan Piksel. “Saat ini variasi produk Renesola sudah sampai seputar 32 stok keeping unit (SKU) serta diinginkan pada kuartal II atau sebelum lebaran tahun ini telah sampai 47 SKU,” ucap Miftah.

Tidak hanya peningkatan promo serta distribusi, Renesola pun menguatkan bagian logistik untuk menolong peningkatan usaha di Indonesia. Konkretnya, Renesola lakukan akuisisi setahap pada PT SahabatUtama Indonesia (SUI), perusahaan transporter, freight & forwader. “Akuisisi ini memberi banyak keuntungan buat Renesola sebab memiliki kontrol penuh pada end to end process, semenjak produk keluar dari pabrik sampai hingga ke konsumen setia,” papar Miftah.

Buat Pasar Solar


Taktik setelah itu, Renesola akan lakukan ekspansi usaha dengan merambah industri bagian solar energy di Indonesia. Dalam tempo dekat, akan di luncurkan beberapa produk solar foto voltaic (PV) bersama turunannya, inverter, charger serta produk yang lain berkaitan dengan solar PV serta komponennya. Tujuan pasarnya, Renesola mengincar pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), building integrated solar PV (rooftop solar PV), lampu penerangan jalan umum solar, dan solar home sistem, termasuk juga produsen solar PV untuk memakai elemen solar panel Renesola.

“Untuk module PV, kami akan lakukan perakitan (local assembly) dengan beberapa pihak yang mempunyai pengalaman serta kompetensi di bidangnya, dan selekasnya mungkin bisa penuhi minimal 40% content lokal,” pungkas Miftah.